Kamis, Desember 07, 2017

Fakta Unik Laron yang Harus Kamu Tau

Kamu tau laron? siapa sih yang gatau laron, kita semua pasti tahu laron. Serangga yang  jadwal pikniknya selalu pada malam hari ini punya kebiasaan unik yaitu berkumpul disumber cahaya dan kamu gatau pasti mereka lagi ngapain 😁. Setiap ada satu laron muncul, dalam hitungan menit semua antek-anteknya datang. Dan begitu keluarga besar laron datang, setiap rumah mematikan lampu rumahnya cepat-cepat agar keluarga besar laron tidak bertamu 😁. Tapi, apakah kamu sadar kenapa laron suka piknik ke sumber cahaya? atau kenapa sayap laron selalu berguguran? dan tahu kah anda bahwa laron hanya hidup satu malam? Mari kita bahas satu-satu.

sayap-laron

1. Laron Biasanya Muncul Pada Awal Musim Hujan

hujanPara rombongan laron-laron biasanya akan keluar di awal musim penghujan. Terus kenapa laron hanya mau keluar pada musim hujan?? terus mereka kemana saat musim kemarau??...

Laron akan keluar dari sarangnya (dalam tanah) pada saat udara terasa lembab. Karena selama musim hujan keadaan tanah menjadi lebih basah daripada biasanya. Dan pada saat itulah mereka akan keluar untuk mencari secercah cahaya untuk menghangatkan tubuh.

Dan para rombongan laron-laron ini juga sering dianggap sebagai tanda awal musim penghujan.


2. Laron berkumpul Di Sumber Cahaya untuk Kimpoi

laron
Nah selain digunakan sebagai tempat mencari kehangatan ternyata piknik di sumber cahaya juga mereka gunakan untuk kimpoi wahhhh.... biar lebih hangat kali yah ahayyy.... ini yang namanya sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui.

Jadi dia keluar dari sarang untuk mencari sang pasangan idaman dan membentuk koloni laron yang baru. 


3. Laron adalah rayap

Laron itu sebenarnya adalah golongan dari rayap yang sudah dewasa. Iya, jadi kalau rayap sudah besar nanti sayapnya tumbuh, jadilah laron.


4. Laron Hanya Hidup dalam Semalam

laron-malam-lampu
Kalo melinda punya cinta satu malam nyatanya rayap juga punya hidup satu malam 😀. Sebenarnya laron (rayap dewasa) tidak hanya hidup dalam satu malam. Laron adalah rayap, dan sebelum menjadi laron hewan ini sudah lama hidup sebagai rayap.

Laron yang tidak dapat menemukan sang pasangan idaman akan mati saat fajar tiba. Sedangkan laron yang dapat menemukan pasangan (berhasil kimpoi) akan membentuk sebuah koloni yang baru, dimana sang laron betina akan menjadi ratu di koloni baru nya tersebut.


5. Laron Sebagai Umpan Memancing



Sungguh malang nasib si laron yang mati, udah enggak bisa kimpoi dijadiin umpan ikan pula 😁. Semangat hidupnya perlu dicontoh nih. Dan selain untuk umpan ikan, laron juga kadang-kadang bisa buat makan hewan macam hamster. Sungguh miris nasib mu nak. 😭😭

Related Posts

Fakta Unik Laron yang Harus Kamu Tau
4/ 5
Oleh