Kamis, Desember 07, 2017

Ini 7 Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Menikah Muda

Kamu punya mimpi untuk menikah muda? ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau kamu memutuskan untuk menikah muda. Disini selaw punya 7 alasan kenapa kamu harus nikah muda. Disimak ya.

Fakta Unik Kerokan dan Kamu harus Tau Bahayanya

Sebagian dari kamu udah pasti familiar banget dengan ritual yang satu ini. Yap kerokan. Kerokan adalah salah satu cara menyembuhkan sakit masuk angin dengan menggunakan logam atau benda tumpul. Cara seperti ini sudah terbukti ampuh dan sudah dilakukan sejak zaman kerajaan dahulu. Buat anak kok coba-coba.

fakta-kerokan-cantik

Sebenernya ada beberapa fakta unik tentang kerokan yang mungkin sebagian dari kamu belum mengetahuinya. Selaw akan menjelaskan mengenai baik tidaknya kerokan untuk kesehatan.


1. Kerokan adalah penerapan dari rumus Albert Einstein

albert einstein e=mc2
Pasti banyak yang belum pada tahu nih bahwa sebenernya kerokan itu merupakan salah satu implementasi dari teorinya om Albert Einstein yang paling terkenal yaitu e = mc².

Dimana dari pergesekan dari dua buah benda akan membentuk sebuah energi. Nah, pergesekan dari kulit dan logam akan menghasilkan sebuah energi panas. Makanya, kerokan membuat tubuh kamu jadi hangat. Kira kira nenek moyang kita sadar fakta ini enggak ya?





2. Tubuh akan mengeluarkan zat Endorfin saat kerokan

Pada saat tubuh kita dikerokin, tubuh kita akan mengeluarkan zat alami yang bernama zat beta endorfin. Zat endorfin ini bersifat seperti morfin yang bisa memberikan efek menenangkan dan nyaman. Dan itu adalah salah satu penyebab kenapa orang-orang pada suka ketagihan dikerokin.

Daripada beresiko kalau harus menggunakan morfin buatan, mending kerokan aja. Murah meriah. hahaha.




3. Kenapa selalu di punggung

fakta-kerokan-cantik
Jangan dikira kerokan di punggung dilakukan tanpa ada alasan. Kerokan di punggung bukan hanya karena di bagian ini terdapat ruang kosong yang luas sehingga mudah untuk di kerok. 

Secara ilmiah alasannya adalah kalau kerokannya mau berhasil, kerokannya harus bisa melancarkan peredaran darah di tubuh. Nah, di bagian punggung merupakan sistem saraf terpadu yang memiliki banyak pembuluh darah panjang dan menyebar ke seluruh tubuh.

Ibaratnya hanya dengan kerokan di punggung, darah ke seluruh tubuh sudah bisa mengalir lancar.



4. Semakin merah berarti semakin parah sakitnya

fakta-kerokan-cantik
Selama ini orang-orang percaya bahwa semakin merah bekas kerokan tersebut di badan, semakin parah juga penyakitnya. Terkadang sampai ada yang warnanya jadi merah keunguan.

Bekas merah tersebut sebenarnya tidak bisa dijadikan sebagai alat ukur seberapa parah masuk angin. Bekas merah ini muncul karena efek dari pembuluh darah yang terbuka atau pecah akibat dari proses kerokan. Semakin kuat gesekan logamnya, semakin pekat juga merahnya.




5. Kerokan bikin bakteri mudah masuk

fakta-kerokan-cantik
Gak ada yang bisa menjamin kebersihan lingkungan disekitar kita. Menurut kita udah bersih nyatanya masih banyak bakteri atau virus yang tak kasat mata bebas berkeliaran di sekitar kita

Nah pada saat ritual kerokan berlangsung pori-pori kulit akan terbuka selebar-lebarnya, dan akan ada banyak sekali bakteri yang ikutan masuk ke dalam tubuh. Semakin asik kerokan, semakin lebar pori-pori yang terbuka, dan semakin banyak pula bakteri yang ikutan masuk. Bukannya sembuh malah tambah sakit 😄😄



6. Kerokan bisa sebabkan kelahiran prematur

Kerokan memang memiliki beberapa efek positif, namun melakukan ritual kerokan terlalu sering akan menimbulkan penipisan dan peradangan kulit. Selain itu bakteri dan virus juga bisa dengan mudah menembus masuk karena pintu masuk (pori-pori) terbuka dengan lebar.

Nah, tahukah kamu bahwa ritual kerokan akan sangat beresiko bagi ibu hamil?

Saat kerokan pada orang biasa tubuh akan mengeluarkan zat anti peradangan yang disebut "cytokines" yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh. Tetapi pada ibu hamil tubuh akan mengeluarkan zat "prostaglandin" yang bisa memicu kontraksi dini dan menyebabkan bayi prematur.



7. Bukan hanya ada di Indonesia

fakta-kerokan
Kalau kamu kira kerokan itu hanya ada di Indonesia kamu salah besar. Ternyata ritual kerokan juga banyak dilakukan di negara-negara lain seperti Cina, Kamboja, Laos dan Vietnam walaupun dengan nama dan alat yang berbeda. Contohnya di negara Cina kerokan dikenal dengan nama "gua sha" dan menggunakan batu giok sebagai alat ritual.








_______

Fakta Unik Laron yang Harus Kamu Tau

Kamu tau laron? siapa sih yang gatau laron, kita semua pasti tahu laron. Serangga yang  jadwal pikniknya selalu pada malam hari ini punya kebiasaan unik yaitu berkumpul disumber cahaya dan kamu gatau pasti mereka lagi ngapain 😁. Setiap ada satu laron muncul, dalam hitungan menit semua antek-anteknya datang. Dan begitu keluarga besar laron datang, setiap rumah mematikan lampu rumahnya cepat-cepat agar keluarga besar laron tidak bertamu 😁. Tapi, apakah kamu sadar kenapa laron suka piknik ke sumber cahaya? atau kenapa sayap laron selalu berguguran? dan tahu kah anda bahwa laron hanya hidup satu malam? Mari kita bahas satu-satu.

sayap-laron

1. Laron Biasanya Muncul Pada Awal Musim Hujan

hujanPara rombongan laron-laron biasanya akan keluar di awal musim penghujan. Terus kenapa laron hanya mau keluar pada musim hujan?? terus mereka kemana saat musim kemarau??...

Laron akan keluar dari sarangnya (dalam tanah) pada saat udara terasa lembab. Karena selama musim hujan keadaan tanah menjadi lebih basah daripada biasanya. Dan pada saat itulah mereka akan keluar untuk mencari secercah cahaya untuk menghangatkan tubuh.

Dan para rombongan laron-laron ini juga sering dianggap sebagai tanda awal musim penghujan.


2. Laron berkumpul Di Sumber Cahaya untuk Kimpoi

laron
Nah selain digunakan sebagai tempat mencari kehangatan ternyata piknik di sumber cahaya juga mereka gunakan untuk kimpoi wahhhh.... biar lebih hangat kali yah ahayyy.... ini yang namanya sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui.

Jadi dia keluar dari sarang untuk mencari sang pasangan idaman dan membentuk koloni laron yang baru. 


3. Laron adalah rayap

Laron itu sebenarnya adalah golongan dari rayap yang sudah dewasa. Iya, jadi kalau rayap sudah besar nanti sayapnya tumbuh, jadilah laron.


4. Laron Hanya Hidup dalam Semalam

laron-malam-lampu
Kalo melinda punya cinta satu malam nyatanya rayap juga punya hidup satu malam 😀. Sebenarnya laron (rayap dewasa) tidak hanya hidup dalam satu malam. Laron adalah rayap, dan sebelum menjadi laron hewan ini sudah lama hidup sebagai rayap.

Laron yang tidak dapat menemukan sang pasangan idaman akan mati saat fajar tiba. Sedangkan laron yang dapat menemukan pasangan (berhasil kimpoi) akan membentuk sebuah koloni yang baru, dimana sang laron betina akan menjadi ratu di koloni baru nya tersebut.


5. Laron Sebagai Umpan Memancing



Sungguh malang nasib si laron yang mati, udah enggak bisa kimpoi dijadiin umpan ikan pula 😁. Semangat hidupnya perlu dicontoh nih. Dan selain untuk umpan ikan, laron juga kadang-kadang bisa buat makan hewan macam hamster. Sungguh miris nasib mu nak. 😭😭