Senin, Mei 01, 2017

Selain Mencegah Diabetes, Inilah Berbagai Manfaat Jengkol

Banyak orang ogah memakan jengkol karena aromanya yang khas dan sangat tajam, akan tetapi tahukah kamu dibalik aromanya yg tajam ternyata jengkol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. namun sayangnya tak banyak orang yang mengetahuinya. kamu ingin tahu??


1. Pembentukan jaringan tubuh

source sehat99.com
Jengkol memiliki banyak kandungan protein yang dapat membantu pembentukan jaringan pada tubuh. Kadar kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein yang ada pada kacang hijau ataupun kacang keledai.


2. Dapat mencegah anemia

Jengkol sangat kaya akan kandungan zat besi, yang di mana zat besi ini berperan penting untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh. Nah, mengkonsumsi jengkol ketika sedang menstruasi bagi wanita juga sangat dianjurkan agar tubuh tidak kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar tubuh.


3. Mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada pada dalam jengkol ialah kalsium dan fosfor. Dua zat ini merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tulang. Kalsium serta fosfor bisa mencegah osteoporosis / tulang keropos. jadi, seringkali mengkonsumsi jengkol dapat memperkuat tulang 💪.


4. Membasmi radikal bebas

Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan vitamin C juga dapat berperan menjadi zat antioksidan. Zat antioksidan dikenal untuk menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.


5. Dapat merampingkan perut

Eitss.. jangan salah, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut buncit lho. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan buang air besar sehingga secara tidak langsung dapat menghasilkan perut langsing. Salah satu penyebab perut buncit adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.


6. Mencegah diabetes

Jengkol juga ternyata bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes. Kok bisa? karena pada jengkol ada zat yang tidak akan kamu temukan pada bahan makanan lainnya, yaitu zat asam jengkolat. Zat ini berupa kristal-kristal yg tidak dapat larut dalam air. Karena sifat inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan bisa menyaring asam jengkolat. Dampak dari ginjal yang tidak mampu menyaring asam jengkolat ialah sulit berhentinya buang air kecil atau anyang-anyangan bahasa imutnya 😁.


Setelah melihat fakta-fakta diatas apakah kamu masih malu untuk makan jengkol???

Related Posts

Selain Mencegah Diabetes, Inilah Berbagai Manfaat Jengkol
4/ 5
Oleh